Slideshow Photo VEN-Nino Band

vennino's  album on Photobucket

Cari Blog Ini

Senin, 13 Agustus 2012

Biografi | Five Minutes

Assalamuallaikum...
Hai VENher's semuanya tanpa terkecuali...
Terbaru nich di hari ini, kali ini kita mau membahas Biografi Five Minutes. Ini penting banget buat loe para penggemar  Five Minutes . Tunggu apa lagi sob, langsung aja nich di baca...


Grup asal Bandung yang kerap mengenakan sarung, Five Minutes kemarin mengeluarkan album terbaru bertajuk “Rockmantic” di Hard Rock Kafe. Dalam album keenam ini perubahan terjadi khususnya pada jenis musik serta para personilnya.

Penggarapan album ini memakan waktu cukup lama yakni rentang antara pertengahan Maret 2004 hingga Maret 2007. Hal tersebut dilakukan supaya hasil yang diperoleh memuaskan. Lantaran perubahan para personil maka sektor sound pun berubah. Pengaturan dan pengisian sound disesuaikan dengan konsep musik yang dipegang saat ini sehingga perbedaan mencolok terlihat pada karakter vokal dan pengisian intrumen pada umumnya.

Five Minutes adalah sebuah band pop rock yang berasal dari Kota Kembang Bandung berdiri tahun 1994. Kini, Unsur pop rock sangat kentara sekali namun cerita tentang cinta tetap menjadi jualan grup yang beranggotakan Ricky Tjahyadi (keyboard), Richie Setiawan (vokal), Drie Warnanta (bass), Roelhilman (gitar), dan Aria Yudhistira (drum).



FORMASI AWAL
Drie dan Ricky bertemu di awal tahun 1990-an dan sempat membentuk band yang tampil di sejumlah kafe. Namun band ini hanya bertahan selama 2 tahun

Mereka kemudian membentuk Five Minutes bersama Sonny (gitaris) dan Sanny (vokalis) di tahun 1994 untuk mengikuti Fetival Band Se-Jabar DKI di Bandung. Dalam ajang tersebut mereka berhasil menjadi juara 1 dari 102 peserta. Tak lama, mereka pun masuk dapur rekaman. Album perdana mereka bertajuk Five Minutes (1996), yang diikuti oleh Five Minutes 2 (1997), Ouw! (2002), Sekat (2003), dan The Best +5 (2004). Penampilan yang unik dengan mengenakan sarung di panggung, menjadi salah satu daya tarik mereka.

KENAPA DI BERI NAMA FIVE MINUTES???
Pemilihan nama Five Minutes memiliki cerita tersendiri. Ricky menuturkan, band tersebut dibentuk 14 tahun silam. Bermula pada awal tahun 1990-an, ketika Ricky dan Drie membentuk sebuah band yang tampil dari kafe ke kafe di Kota Kembang.

Tahun 1994, keduanya mencari personel guna melengkapi formasi untuk mengikuti Festival Band Se- Jabar-DKI di Bandung. Ricky dan Drie mengajak Sonny (gitaris) dan Sanny (vokalis) melalui telepon. Dalam tempo kurang dari lima menit, mereka berhasil membentuk sebuah grup band guna mengikuti festival tersebut. Itulah sebabnya mereka menggunakan nama Five Minutes. “Karena prosesnya kurang dari lima menit. Makanya kami memilih nama itu,”tutur Ricky.

Hebatnya, kendati baru terbentuk, mereka langsung menjuarai festival band yang diikuti oleh 102 peserta dari Bandung dan Jakarta. Keberhasilan itu kemudian mengantarkan mereka masuk dapur rekaman. Album perdana bertajuk Five Minutes dirilis pada 1996. Setahun kemudian (1997), mereka merilis album kedua bertajuk Five Minutes 2.

Selanjutnya, grup band yang biasa tampil unik dengan mengenakan sarung itu, sempat tenggelam selama empat tahun. Baru pada tahun 2002 mereka merilis album ketiga bertajuk Ouw!. Lalu berturut-turut menelorkan album Sekat (2003) dan The Best +5 (2004). Setelah itu mereka sempat vakum. Sanny (vokal) dan Sonny (gitar) berpisah dari Five Minutes.

Ricky sendiri tetap aktif d jalur musik. Dia mendukung Ary Lasso (2002-2006), menuliskan sejumlah lagu bagi mantan vokalis band Dewa 19 itu. Beberapa lagu yang ditulis Ricky untuk Ary Lasso adalah Hampa, Arti Cinta, Kedamaian Hati, dan Seandainya. Selain itu dia juga menulis lagu untuk Titi DJ, Rossa, Terre, Sania, dan sebagainya.

Kini, grup band dengan penggemar yang disebut fivers, itu sedang mempersiapkan album kedelapan atau album ketiga dengan formasi baru. Lagu-lagu dalam album ini berbeda dari kebanyakan lagu yang pernah mereka rilis. Menurut Ricky, konsep album ini lebih matang karena direncanakan dengan sangat baik.

FORMASI BARU
Setelah album The Best, Sanny sang vokalis dan Sonny (gitaris) mengundurkan diri. Ricky dan Drie pun berburu personel baru. Akhirnya Richie (vokal), Roelhilman (gitar), dan Aria Yudhistira (drum) melengkapi formasi Five Minutes yang baru. Pada bulan Juni 2007, mereka merilis album baru bertajuk Rockmantic. Mereka pun menanggalkan sarung yang selama ini lekat sebagai image mereka.

DISKOGRAFI
  • Five Minutes (1996)
  • Five Minutes 2 (1997)
  • Ouw! (2002)
  • Sekat (2003)
  • The Best +5 (2004)
  • Rockmantic (2007)
  • Rockmantic (Repackaged) (2008)
  • Semua Ini Sendiri (2009)
  • Satu Hati (2010)

ALBUM RELIGI
  • Ampuni Aku

#PERSONIL FM#

1. RICKY FM (Ricky Tjahyadi)

TTL : Bandung 4 November 1974
Posisi : Keybord dan Program











2. RICHIE FM (Richie Setiawan)

TTL : Bandung 18 mei 1983 
Posisi : Vocal











3. IRUL FM (Roel Hilman)

TTL : Bandung, 20 Januari 1980 
Posisi : Gitar











4. DRIE FM (Drie Warnanta)

TTL : Bandung, 27 Januari 1974 
Posisi : Bass











5. ARIA FM (Aria Yudistira)

TTL : Bandung, 9 Mei 1981
Posisi :Drum










Sumber : 
Wikipedia
Dan berbagai sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar