Slideshow Photo VEN-Nino Band

vennino's  album on Photobucket

Cari Blog Ini

Selasa, 20 Maret 2012

Biografi | WALI

        Band WALI terbentuk pada tanggal 31 oktober 1999, yang sebelumnya bernama FIERA, dengan personel Faank (Vocal), Tomi (Drum), Endang (Bass), Raden (Guitar II), dan, Apoy (Guitar I). FIERA terus melewati berbagai perubahan pemahaman dan keinginan baik secara institusi maupun personal. Pada tahun 2007 awal, Endang dan Raden akhirnya tak dapat bergabung lagi bersama FIERA karena kesibukan masing-masing. Ada sedikit perdebatan tentang posisi gitar 2, akankah harus tetap mencari pemain gitar lainnya atau dengan pergantian instrument…? dengan segala efesiensi, perdebatan itu diakhir dengan opsi pergantian instrument, yaitu tidak ada gitar 2 melainkan keyboard synthetizer untuk mempertebal harmonisasi lagu. Pilihan Fiera jatuh pada Ovie yang tak lain adalah keyboardist pengiring untuk sebuah paduan suara yang ada di kampus UIN Jakarta.

Layaknya pengantin baru… FIERA mencoba saling memahami dan mengerti satu sama lain. Dan pada kesempatan yang sama juga FIERA mencoba meng-upgrade bersama daya juangnya. Tak tanggung-tanggung nama band inipun akhirnya disepakati untuk dirubah menjadi WALI band yang digawangi oleh Faank (Vocal), Apoy (Guitar/songs Writer), Tomi (Drum), & Ovie (Keyboard & Synt).



          Gayung bersambut, pada pertengahan tahun 2007 bersama manajer kami (Adzee) danPositif Art management, WALI mendapatkan kesempatan memasuki dunia rekaman bersama salah satu Major Label NAGASWARA. WALI adalah berasal dari kata yang amat memasyarakat yang berarti wakil. Mengapa dinamakan WALI,? karena salah satunya selain nama tersebut sangat mudah diucapkan oleh semua orang, sisi lainnya adalahgroup WALI dengan segala keterbatasan yang ada, berharap bisa mewakili segenap perasaan dan curahan hati manusia…tapi bila ada yang mengaitkan nama WALI dengan WALI SONGO anggap saja BUY ONE GET ONE FREE…Jenis/aliran musik “LOCAL POP CREATIVE”

        Wali Band grup musik bergenre Pop Kreatif. Grup asal Blora ini dibentuk pada 31 Oktober 1999. Personelnya terdiri dari 5 orang; Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum), Ovie ((keyboard & synt), dan Nunu (bass). Album pertama Wali bertajuk Orang Bilang, dirilis tahun 26 Maret 2008. Dalam album ini, Wali mengandalkan lagu Dik sebagai hit single, di samping single lainnya seperti Emang Dasar, Orang Bilang, Tetap Bertahan dan Egokah Aku. Lagu Dik hingga medio Mei 2008 berhasil mencuri hati pecinta musik Indonesia. Lebih dari sejuta pemilik ponsel memilih lagu Dik sebagai Ringbacktone (RBT).

             Langkah sukses tersebut memacu anak-anak jebolan pesantren untuk terus berkarya. Hasilnya lahirlah album kedua; Cari Jodoh. Album di bawah label Nagaswara ini direspon positif masyarakat. Album ini meledak di pasaran dan diminati pecinta musik dari berbagai kalangan. Hebatnya, dalam dua bulan, dua lagu Wali, 'Cari Jodoh' dan 'Baik-baik Sayang', diunduh 8 juta pengguna ponsel sebagai RBT. Museum Rekor Indonesi (MURI) kemudian mencatat prestasi Wali ini sebagai rekor grup band yang RBT-nya diunduh tercepat dan terbayak. Jaya Suprana, Ketua MURI, mengatakan "Wali jadi pencatat rekor MURI pertama pada tahun 2010. Saya mau klaim prestasi Wali bukan hanya rekor Indonesia melainkan juga rekor dunia. Wali adalah band yang berbakat dan besar, bisa mengharumkan nama Indonesia keluar Eropa." Jaya Suprana Penghargaan MURI langsung diserahkan Jaya Suprana di kantor Nagaswara, Jl. Johar Baru no. 4U, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2010). Dalam perkembangannya lagu Lagu Baik-Baik Sayang tembus 15 juta aktivasi RBT.

Lebih mengejutkan lagi, lagu “Cari Jodoh” dan “Baik-baik Sayang”, ternyata digemari masyarakat Eropa. Lagu tersebut dibuat dengan versi bahasa Inggris dan dibawakan penyanyi asal Malta, Fabrizio Fanielfo.

Wali Band
Latar Belakang
Lahir: Jakarta, Indonesia
Jenis Musik: Pop
Tahun Aktif: 2008- Sekarang
Perusahaan Rekaman: Nagaswara
Anggota:
Faank (Farhan Zenal Mutaqin)
Apoy (?)
Tomi (?)
Ovie (?)

Diskografi:
Orang Bilang (2008)
Cari Jodoh (2009)
Ingat Sholawat (2009
Album Studio
Tahun RilisJudulPosisiAngka PenjualanSertifikat
2008Orang Bilang1225.000 kopiQuadruple Platinum (4x Platinum)
2009Cari Jodoh117.550 kopiSilver
2009Ingat Sholawat92.500 kopi-
  
Penghargaan:
-MURI 2010
 -SCTV Music Awards 2010:
 Lagu Paling Ngetop, Album Pop Duo/Grup, serta Special Ring Back Tone (RBT) Terlaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar